Warga LDII Jombang di Didik Sifat Ta’dim Kepada Orang Tua

LDII Jombang juga tidak hanya terfokuskan oleh pembinaan kepada generus-generusnya.  Akan tetapi, LDII Jombang lebih mementingkan generasi yang lanjut usia, di mana orang-orang yang sudah tua ini membutuhkan kasih sayang layaknya anak yang masih kecil. Jika orang yang sudah tua ini tidak pernah di beri kasih sayang dari anak-anaknya  maka orang tua pun juga akan mengalami tekanan batin yang sangat mendalam.

Kenapa? Karena dulu sewakti kita masih kecil, kita di ramut oleh orang tua kita yang mana anak belum bisa berjalan di ajarin berjalan oleh orang tuanya, anak yang belum bisa cebok di cebokin sama orang tuanya terutama ibu. Maka tidak salahnya jika kedua orang tua kalian ketika sudah tua meminta bantuan kalian, marilah sewaktu kita masih mempunyai orang tua maka bantulah sering ajak bicara, mampir kerumah kedua orang tua. Karena, sewaktu kalian kecil merekalah yang sabar meramut, menjaga kalian, dan membimbing kalian.

Nasehat LDII Jombang.

 

Nasehat pendidikan lain dengan warga LDII di Jombang, jangan sampai ketika kalian sudah menikah tersibukan dengan harta, pangkat kalian, dan mengejar-ngejar kehidupan duniawi, sempatkanlah waktu sebentar saja Untuk menegok atau menjenguk orang tua kalian. Orang tua itu sebenarnya tidak membutuhkan uang atau materi kalian hanya membutuhkan kasih saying kalian yang mana telah mereka berikan kepada kalian semua sewaktu masih kecil, apakah kalian masih ingat dengan kasih sayang kedua orang tua? Tentu, banyak yang sudah tidak ingat.

Maka dari itu marilah kita menyayangi kedua orang tua kita yang sudah renta. Semakin tua pendengaran, penglihatan, bahkan makan pun itu harus di suapin.  Apa salahnya jika kita ini anak-anak mereka membalas budi kebaikan orang tua kita. Yang dulu sempat  kita merasakannya. Di dalam nasehat LDII di Jombang orang yang sudah tua atau lanjut usia ini juga di ajari cara mengaji seperti halnya anak yang masih cabe rawit. Kenapa? Karena, semakin tua umur mereka maka akan cepat luntur ingatan-ingatan mereka yang sewaktu masih muda.

Banyak juga orang yang sudah tua ini tidak di urusin oleh-oleh anak-anak mereka. Malahan, banyak juga di sekitar kita anak lah yang menyuruh orang tuanya yang sudah renta bekerja mengemis di sekitar jalan raya, melakukan perkerjaan berat bagi mereka. Kebanyakan kalau sudah tua itu sebaiknya di rumah ber-istirahat, tapi tidak dengan sebagian orang tua yang disuruh anak mereka dia ikut patuh terhadap anak mereka dan hanya saja orang tua bersabar dalam menghadapi cobaan tersebut.

Kenapa kita sebagai anak malah bersifat se-enaknya. Apa orang tua kita dulu sewaktu kecil menyuruh “nak, sana ngemis di pinggir jalan. Mungkin, nanti banyak orang-orang yang iba melihat kamu”. Apakah seperti itu? Jawabnya tidak, malahan sewaktu kita kecil orang tua sibuk mencari kerja banting tulang sampai memeras keringat demi kebutuhan anak-anaknya dan keluarganya. LDII  Jombang tidak mengajarkan hal seperti itu kepada warganya.

Ta'dzim kepada orang tua.jpg

 

Apa kalian dulu pernah ikut orang tua kalian bekerja? Tentu, orang tua kalian tidak akan mengijini kalian ikut dalm pekerjaannya. Contoh: pedagang, kuli bangunan, serabutan dan lain-lain. Karena  pekerjaan tersebut sangatlah berat dan banyak saja cobaan yang dihadapi. Tapi, semakin lama zaman semakin berubah banyak anak yang tidak Ta’dzim atau tidak menghormati kepada orang tua memerintah se-enaknya sendiri “sak karep udelle dewe” (B.Jawa Tengah).

Oleh karena jika kalian masih tidak bisa Ta’dzim kepada orang tua. Maka, rubahlah sifat kalian tersebut, buang sejauh-jauhnya sifat kalian karena hal itu akan kembali kepada anak-anak kalian masing-masing. Apakah kalian ingin anak-anak kalian tidak menghormati kalian? Tentu tidak. Tapi ingat, hukum karma di dunia ini masih berlaku.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s