LDII Jombang, PPG Remaja

PPG usia remaja kelas 9 SMP-12  SMA, justru yang di fokuskan dalam PPG di usia ini karena rawan-rawannya kenakalan dan mau menginjak usia nikah. Hal ini membuat orang tua khawatir terhadap anaknya karena menginjak dunia kerja dan mau berumah tangga, banyak sekali pengaruh dalam usia ini kenakalan remaja, bahakan penyalahgunaan NARKOTIKA, orang tua supaya selalu waspada dan mendidik anaknya agar mau mengaji meskipun umurnya sudah menginjak dewasa tapi hal  itu akan memebentuk suatu pondasi anak agar tidak terpengaruh di dunia luar.

banyak mendekatkan diri kepada allah

Di dalam mendidik anak orang tua harus bersabar, tidak mudah bermain tangan, jauhi sikap pemarah dan selalu mengajari anak dengan ucapan-ucapan yang baik, tidakmudah mengucapkan kotor. Jika orang tua sering mengucapkan kata-kata kotor maka anak tersebut juga akan meniru ucapan yang sering di  ujarkan oleh kedua orang tuanya. Bagi anak orang tua adalah contoh yang baik karena di awal kelahiran anak hanya mengenal orang tuanya tidak mengenal sanak saudara. Banyak juga anak kurang mengepolkan dalam ibadahnya, sibuk dengan alat komunikasi mereka sampai-sampai berani dengan menentang terhadap kedua orang tuanya. itulah potret zaman anak saat ini.

 

pacaran NO, nikah YESDi dalam LDII khususnya Program LDII di Jombang anak di usia Remaja sudah di didik, di kasih tau  tentang ilmu untuk menjaga keutuhan berkeluarga, jangan sampai anak di usia remaja tidak mengerti membikin keluarga yang harmonis dan sejahtera, saling menghormati antara suami dan istri. Dan dalam usia ini anak jangan sampai melakukan pacaran. Oleh karena itu di dalam LDII Jombang ada yang namanya ngaji Muda-mudi yang mau naik ke jenjang keluarga, ada pelatihan khusus atau training agar di dalam membangun rumah tangga tidak yang namanya perceraian, mengatur keuangan yang baik, dan jangan seperti kebanyakan berita yang beredar baru nikah sudah 5 bulan gugat cerai, hal itu karena tidak adanya keharmonisan dalam membangun rumah tangga.

Jika anak sudah berumur pantas ke jenjang pernikahan kita sebagai orang tua tidak boleh menolak permintaan anak tersebut atau menundanya, karena hal itu akan menimbulkan perbuatan dosa yaitu zina. Mungkin karena anak tidak kuat menahan nafsunya zina pun terjadi, mungkin dia melakukan bersama pacarnya atau orang lain dan belum menginjak ke jenjang pernikahan masa depan anak tidak menjadi bahagia malahan membuat malu kedua orang tuanya, yang mana telah mendidik anaknya menjadi baik akan tetapi di usia remaja anak melakukan zina. Betapa sedihnya kita sebagai orang tua.

Oleh karena itu mari jika anak kita memilih Untuk menikah dan sekiranya anak kita sudah mempunyai cukup pekerjaan yang berguna besok bisa menafkahi keluarganya, maka orang tua harus mengabulkannya atau menurutinya walaupun sampai hutang ke sana kemari agar anak tersebut tidak terjerumus ke dalam dosa yang khad yaitu zina. Biasanya umur ideal Untuk memasuki ke jenjang pernikahan yaitu laki-laki 22-25 tahun dan perempuan 19-21 tahun sudah pantas Untuk membangun sebuah keluarga yang baru.

Jika si laki-lai masih berumur 19 atau 20 tahun mungkin itu belum pantas dan belum banyak tau mengatur keuangan yang baik akan tetapi bila anak laki-laki tersebut di umur itu sudah mempunyai pekerjaan yang mana bisa manfkahi keluarganya kelak, ya silahkan saja. Agar anak kita terjauh dari dosa yang besar tadi yaitu zina membangun keluarga yang sah secara agama di mata allah akan mendapatkan pahala karena 2 sejoli tersebut sudah makhrom dan mengikatkan sumpah janji suci. Itulah program LDII Jombang dalam mendidik generasi penerusnya semoga orang tua juga dapat meniru program-program yang ada di dalam LDII Jombang.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s